Beranda » POLITIK DAN HUKUM » GPNP Gelar Diskusi Kepulauan Nias Bersatu ?

Minggu, 24 Juni 2018 - 15:11:55 WIB
GPNP Gelar Diskusi Kepulauan Nias Bersatu ?
Diposting oleh : Redaksi
Kategori: POLITIK DAN HUKUM - Dibaca: 273 kali

Jakarta Sebagai Bentuk Kepedulian Terhadap Masyarakat Pulau Nias salah Satu Organisasi Gerakan Peduli Nias Peduli (GPNP) Menggelar Diskusi Publik Dengan Thema Kepulauan Nias Bersatu yang Di selenggarakan
Pada :Gedung Juang 45 (24/6)

Akhir akhir ini kita disuguhkan dengan nama baru Kepulauan Nias. Nama baru kawasan yang berada di sebelah barat Pulau Sumatera ini muncul setelah pembagian atau terbentuknya daerah otonomi baru, tiga Kabupaten dan satu Kota, hasil pemekaran dari Kabupaten Nias.

Setiap daerah otonom diberi kewenangan, tugas, dan tanggung jawab penuh untuk mengurus daerahnya masing-masing. Walau telah dibagi per daerah dengan sebutan masing-masing (Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Nias Utara, Kabupaten Nias Barat, dan Kota Gunungsitoli) namun itu tidak mengurungkan niat dan tidak menghilangkan nilai historikal untuk tetap bersatu sebagai masyarakat Kepulauan Nias.

Ada kerinduan (masyarakat Kepulauan Nias) terhadap jajaran kepempinan se-Kepulauan Nias. Untuk melahirkan terobosan yang dibuat bersama melalui Forum Kepala Daerah (FORKADA). Terobosan ini tentu merupakan pergumulan dan aspirasi bersama masyarakat Kepulauan Nias.

Adapun masalah yang dihadapi setiap daerah sudah pasti dirasakan oleh daerah lainnya juga, antara lain:

Dinamika dan mekanisme produksi dan distribusi (perdagangan) sangat mempengaruhi harga sejumlah komoditi, yang sering dan selalu merugikan masyarakat (petani).

Kawasan Kepulauan Nias tergolong sebagai daerah 3T (terdepan, tertinggal dan terluar).Infrastruktur ke-PU-an, infrastruktur energi, dan infrastruktur perhubungan belum memadai.

Persoalan ini bukan persoalan satu daerah saja, tetapi ini masalah bersama. Sangat diharapkan ada keberpihakan dan kebijakan yang menyentuh masalah ini. Sehingga kebijakan yang bersifat membaharui dapat mengarah kepada cita-cita keadilan dan kemakmuran bagi warga masyarakat Kepulauan Nias.

Atas dasar ini lah Gerakan Pemuda Nias Peduli (GPNP), menyelenggarakan diskusi dengan tema Kepulauan Nias Bersatu? yang digelar di Gedung Joang 45, Jakarta Pusat pada Minggu, 24 Juni 2018.


Diskusi ini sebagai wujud kepedulian GPNP yang terpanggil dan bertanggung jawab untuk memperkuat masyarakat memberdayakan perekonomian dan kesejahteraan rakyat.

Sokhiso Ndraha, Ketua Umum GPNP mengatakan bahwa, lewat diskusi ini, GPNP bisa mendorong jajaran pemerintah daerah mengoptimalkan pembangunan
dalam rangka percepatan kemajuan Kepulauan Nias. “GPNP siap menjadi kontrol antara pemerintah dan juga menjadi jembatan pembawa perubahan di dalam masyarakat, kata Sokhiso Ndraha.

Sokhiso menjelaskan, GPNP menghadirkan pembicara dengan berbagai latar belakang dan keahlian dalam diskusi ini, mereka adalah Prof. Dr. Suahasil Nazara, MSc (Kepala Badan Fiskal Kementerian Keuangan RI), menyampaikan materi tentang “Strategi Dan Kebijakan Berkeadilan Sosial Menuju Percepatan Perekonomian Masyarakat Dan Penguatan Daerah (Kepulauan Nias).
Dr. Hilarius Duha, SH, MH (Bupati Nias Selatan) dengan materi Tugas Dan Tanggung Jawab Kepala Daerah Menciptakan Peluang Dan Menghadapi Tantangan Peningkatan Kesejahteraan Dan Kemakmuran (Perspektif Bupati/Konteks Kabupaten).

Firman Jaya Daeli, SH, MH (Mantan Komisi Politik Dan Hukum DPR-RI) Agenda Penguatan Masyarakat Dan Pembangunan Daerah Berbasis Perbatasan Dan Kepulauan.

Perwakilan (Asosiasi Pengusaha Indonesia /APINDO) menyampaikan materi tentang Peluang Dan Tantangan Perekonomian Di Indonesia Khususnya Di Kawasan Perbatasan Dan Kepulauan.
Ir. Lakhomizaro Zebua (Walikota Gunungsitoli) menyampaikan materi Tugas Dan Tanggung Jawab Kepala Daerah Menciptakan Peluang Dan Menghadapi Tantangan Peningkatan Kesejahteraan Dan Kemakmuran (Perspektif Walikota/Konteks Kota). Serta Bapak Agus Rihat P. Manalu, SH, MH, CLA (Direktur Perhimpunan Advokat Pro Demokrasi) dengan materi Agenda Pembangunan Keadilan Sosial Dan Kemakmuran Rakyat Di Daerah Perbatasan Dan Kepulauan.

Semua narasumber yang kami hadirkan sangat mumpuni di bidangnya masing-masing. Serta mampu memberikan pemahanan, solusi, dan motivasi bagi pemerintah daerah dan masyarakat untuk mewujudkan Kepulauan Nias yang maju dan sejahtera, tegasnya.

Diharapkan melalui diskusi ini, pemerintah daerah kabupten/kota di Kepulauan Nias semakin merapatkan barisan untuk membangun Kepulaun Nias secara bersama-sama dan saling mendukung , baik jangka pendek, menengah dan jangka panjang sebagai wujud kebersamaan Forum Kepala Daerah
BERITA TERKAIT

Nasional | Polhukam | Metropolitan | Ekonomi | Teknologi | Pendidikan | Hiburan | Profil | Ragam Berita | Susunan Redaksi
2014 SinarPagi.Net - All rights reserved